Unit Kerja
Bidang Sosbud



Bidang Perencanaan dan Pengembangan Sosial dan Budaya dipimpin oleh Kepala Bidang yang mempunyai tugas melaksanakan kebijakan teknis di bidang Perencanaan dan Pengembangan Sosial dan Budaya. 
Untuk menyelenggarakan tugasnya Bidang Perencanaan dan Pengembangan Sosial dan Budaya mempunyai fungsi : 

  1. Mengkoordinasikan Penyusun Rancangan RPJPD, RPJMD, RKPD Bidang Perencanaan dan Pengembangan Sosial dan Budaya; 
  2. memverifikasi rancangan renstra perangkat Daerah Bidang Perencanaan dan Pengembangan Sosial dan Budaya; 
  3. Mengkoordinasikan Rancangan renstra perangkat Daerah Bidang Perencanaan dan Pengembangan Sosial dan Budaya;
  4. Mengkoordinasikan pelaksanaan sinergitas dan harmonisasi RTRW Daerah dan RPJMD Bidang Perencanaan dan Pengembangan Sosial dan Budaya; 
  5. Mengkoordinasikan pelaksanaan kesepakatan dengan DPRD terkait RPJPD, RPJMD, RKPD Bidang Perencanaan dan Pengembangan Sosial dan Budaya; 
  6. Mengkoordinasikan pelaksanaan kesepakatan dengan DPRD terkait APBD Bidang Perencanaan dan Pengembangan Sosial dan Budaya; 
  7. Mengkoordinasikan sinergitas dan harmonisasi kegiatan perangkat daerah ab/kota Bidang Perencanaan dan Pengembangan Sosial dan Budaya;
  8. Mengkoordinasikan sinergitas dan harmonisasi kegiatan K/L, Prov di kab/kota bidang Bidang Perencanaan dan Pengembangan Sosial dan Budaya; 
  9. Mengkooridinasikan pembinaan teknis perencanaan perangkat daerah kab/ Bidang Perencanaan dan Pengembangan Sosial dan Budaya; 
  10. Melaksanakan pengendalian/monitoring pelaksanaan perencanaan pembangunan Daerah Bidang Perencanaan dan Pengembangan Sosial dan Budaya; 
  11. Melaksanakan pengelolaan data dan informasi perencanaan pembangunan Daerah Bidang Perencanaan dan Pengembangan Sosial dan Budaya;
  12. Melaksanakan evaluasi dan pelaporan  atas pelaksanaan perencanaan pembangunan Daerah Bidang Perencanaan dan Pengembangan Sosial dan Budaya. 
Dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud Bidang Perencanaan dan Pengembangan Sosial dan Budaya terdiri atas: 
  • Sub Bidang Pemerintahan, Trantibum Linmas, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pendidikan dan Kebudayaan, Kearsipan dan Perpustakaan, Kependudukan dan KB, Pemuda dan Olahraga; 
  • Sub Bidang Kesehatan, Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kesbangpol; 
Sub Bidang Pemerintahan, Trantibum Linmas, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pendidikan dan Kebudayaan, Kearsipan dan Perpustakaan, Kependudukan dan KB, Pemuda dan Olahraga dipimpin oleh Kepala Sub Bidang yang mempunyai tugas : 
  1. Merancang Penyusun Rancangan RPJPD, RPJMD, RKPD urusan Pemerintahan, Trantibum Linmas, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pendidikan dan Kebudayaan, Kearsipan dan Perpustakaan, Kependudukan dan KB, Pemuda dan Olahraga; 
  2. Menganalisis Rancangan Renstra Perangkat Daerah urusan Pemerintahan, Trantibum Linmas, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pendidikan dan Kebudayaan, Kearsipan dan Perpustakaan, 
    Kependudukan dan KB, Pemuda dan Olahraga; 
  3. Menyiapkan Pelaksanan Musrembang RPJPD urusan Pemerintahan, Trantibum Linmas, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pendidikan dan Kebudayaan, Kearsipan dan Perpustakaan, Kependudukan dan KB, 
    Pemuda dan Olahraga; 
  4. Merencanakan pelaksanaan Sinergitas dan Harmonisasi RTRW Daerah dan RPJMD urusan Pemerintahan, Trantibum Linmas, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pendidikan dan Kebudayaan, Kearsipan dan 
    Perpustakaan, Kependudukan dan KB, Pemuda dan Olahraga; 
  5. Membuat konsep pembinaan teknis perencanaan kepada Perangkat Daerah Kab/Kota urusan Pemerintahan, Trantibum Linmas, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pendidikan dan Kebudayaan, 
    Kearsipan dan Perpustakaan, Kependudukan dan KB, Pemuda dan Olahraga; 
  6. Merencanakan Pelaksanaan Kesepakatan dengan DPRD terkait RPJPD dan RPJMD urusan Pemerintahan, Trantibum Linmas, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pendidikan dan Kebudayaan, Kearsipan dan Perpustakaan, Kependudukan dan KB, Pemuda dan Olahraga; 
  7. Merencanakan pelaksanaan kesepakatan dengan DPRD terkait APBD urusan Pemerintahan, Trantibum Linmas, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pendidikan dan Kebudayaan, Kearsipan dan Perpustakaan, Kependudukan dan KB, Pemuda dan Olahraga; 
  8. Merencanakan Sinegritas dan Harmonisasi Kegiatan Perangkat Daerah Kab/Kota urusan Pemerintahan, Trantibum Linmas, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pendidikan dan Kebudayaan, Kearsipan dan 
    Perpustakaan, Kependudukan dan KB, Pemuda dan Olahraga; 
  9. Merencanakan Dukungan Pelaksanaan kegiatan pusat dan provinsi untuk urusan Pemerintahan, Trantibum Linmas, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pendidikan dan Kebudayaan, Kearsipan dan Perpustakaan, Kependudukan dan KB, Pemuda dan Olahraga; 
  10. Merencanakan Pengendalian/monitoring pelaksanaan pembangunan daerah urusan Pemerintahan, Trantibum Linmas, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pendidikan dan Kebudayaan, Kearsipan dan Perpustakaan, Kependudukan dan KB, Pemuda dan Olahraga; 
  11. Melaksanakan Pengelolaan data dan informasi perencanaan pembangunan urusan Pemerintahan, Trantibum Linmas, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pendidikan dan Kebudayaan, Kearsipan dan Perpustakaan, Kependudukan dan KB, Pemuda dan Olahraga; 
  12. Merencanakan dan menyusun evaluasi dan pelaporan atas pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah urusan Pemerintahan, TrantibuLinmas, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pendidikan dan Kebudayaan, Kearsipan dan Perpustakaan, Kependudukan dan KB, Pemuda dan Olahraga. 

Sub Bidang Kesehatan, Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kesbangpol dipimpin oleh Kepala Sub Bidang yang mempunyai tugas: 
  1. Merancang Penyusun Rancangan RPJPD, RPJMD,  RKPD urusan Kesehatan, Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kesbangpol; 
  2. Menganalisis Rancangan Renstra Perangkat Daerah urusan Kesehatan, Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kesbangpol; 
  3. Menyiapkan Pelaksanan Musrembang RPJPD urusan Kesehatan, Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kesbangpol; 
  4. Merencanakan pelaksanaan Sinergitas dan Harmonisasi RTRW Daerah dan RPJMD urusan Kesehatan, Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kesbangpol; 
  5. Membuat konsep pembinaan teknis perencanaan kepada Perangkat Daerah Kab/Kota urusan Kesehatan, Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kesbangpol; 
  6. Merencanakan Pelaksanaan Kesepakatan dengan DPRD terkait RPJPD dan RPJMD urusan Kesehatan, Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kesbangpol;
  7. Merencanakan pelaksanaan kesepakatan dengan DPRD terkait APBD urusan Kesehatan, Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kesbangpol; 
  8. Merencanakan Sinergitas dan Harmonisasi Kegiatan Perangkat Daerah Kab/Kota urusan Kesehatan, Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi;
  9. Merencanakan Dukungan Pelaksanaan kegiatan pusat, provinsi untuk urusan Kesehatan, Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kesbangpol;
  10. Merencanakan Pengendalian/monitoring pelaksanaan pembangunan daerah urusan Kesehatan, Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kesbangpol;
  11. Melaksanakan Pengelolaan data dan informasi perencanaan pembangunan urusan Kesehatan, Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kesbangpol; 
  12. Merencanakan dan menyusun evaluasi dan pelaporan atas pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah urusan Kesehatan, Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Pemberdayaan Perempuan dan  Perlindungan Anak, Kesbangpol.