Berita Berita Bappeda
Pemkab Pulau Morotai Soroti Renovasi Rumah Ibadah

Pemkab Pulau Morotai Soroti Renovasi Rumah Ibadah
Lobi Anggaran Untuk Renovasi Rumah Ibadah

DARUBA - Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Pulau Morotai. Pasalnya, ditahun 2018 mendatang, akan ada bantuan perbaikan rumah ibadah Mesjid dan Gereja dari Bank Nasional Indonesia (BNI).
Anggaran perbaikan rumah ibadah yang disalurkan BNI untuk Kabupaten Pulau Morotai juga sangat fantastis yakni Rp 100 Miliar. Ini bagian dari kerja keras Bupati Benny Laos yang membangun kerja sama dengan pihak BNI, sekaligus membuktikan janji politiknya yang pernah disampaikan saat kampanye.
"Program Bupati soal bantuan rumah ibadah  anggarannya Rp 100 miliar, dan sudah bisa direalisasi ditahun 2018 mendatang. Anggarannya bukan dari APBD tapi dari BNI Pusat. Karena BNI punya dana CSR, sehingga dana itu dilobi untuk pembangunan rumah ibadah di Morotai, dan 100 miliar ini full dari BNI dan tidak menggunakan APBD," jelas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penilitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Pulau Morotai kepada wartawan Fajar Malut, beberapa waktu lalu.
Sistem realisasinya, kata Abjan, tidak diberikan ke daerah, melainkan dikelola langsung oleh pihak BNI. Tugas daerah hanya menyiapkan dokumen fisik rumah ibadah.
"Jadi kita tidak terima duit, karena nanti mereka (BNI) yang kerja, dan untuk tahap pertama bantuan itu lebih di fokuskan di Kecamatan Morotai Selatan, sedangkan di kecamatan lain belum," katanya.
Kesiapan Pemda Morotai sendiri saat ini, lanjut Abjan, adalah menyiapkan dokumen dalam bentuk proposal kerjasama, termasuk dokumen foto seluruh masjid dan Gereja yang dianggap layak mendapatkan bantuan.
"Kalau Gereja dan masjid yang sudah jadi kita tidak berikan, tapi kalau bangunan yang belum selesai maka akan dapat bantuan ini. Kita sekarang sudah fokus data, karena pihak BNI minta 2 minggu sudah harus selesai," ujarnya. (sumber Fajar Malut)
 





Berita Berita Bappeda Lainnya